Harga Bibit Koi Murah

Ikan koi merupakan jenis ikan yang termasuk dalam kategori ikan mas dan memiliki tampilan yang sangat cantik. Karena memiliki bentuk tubuh yang menarik, maka tidak heran jika ikan jenis ini selalu dipelihara sebagai hiasan, baik di dalam maupun di luar rumah. Memang kehadiran ikan koi sebagai penghias di dalam rumah bisa membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan.

Ikan koi ini merupakan jenis ikan hias yang sangat menarik karena memiliki warna tubuh yang cukup bagus dan tampilan yang jernih. Usaha budidaya ikan ini sangat mudah karena perawatannya yang sederhana dan mudah. 

Modal kerja untuk memulai bisnis ini juga tidak mahal, dengan modal yang cukup sesuai budget Anda, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Karena memang Harga Koi untuk saat ini masih terbilang cukup stabil dan ada beberapa jenis yang masih terbilang mahal,untuk beberapa jenis tertentu

Selain itu, banyak yang percaya bahwa memelihara ikan koi dapat membawa keberuntungan. Biasanya, ikan koi dipelihara di akuarium dan ditempatkan di dalam ruangan. Selain akuarium, banyak juga yang mencari kolam lokal untuk memelihara ikan hias ini. Dimana, untuk perawatan yang optimal tentunya Anda harus mempelajari cara merawat ikan Koi dengan baik.

 

Memelihara ikan koi di kolam tampaknya sangat sederhana, tetapi Anda harus mempersiapkannya dengan baik untuk berbagai kebutuhan. Cara pertama merawat ikan koi di kolam terbuka adalah dengan memilih ikan koi yang sehat. Ini adalah cara paling penting untuk menyukseskan perawatan ikan Koi Anda.

 

Pilih penjual ikan dengan reputasi baik untuk mendapatkan ikan koi yang sehat dan berkualitas. Bukan tanpa alasan permintaan pasar yang cukup tinggi selalu dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menjual ikan koi murah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli ikan koi ini, antara lain:

 

 

Kualitas bagus, kondisi normal Ikan koi umumnya memiliki karakter seimbang. Misalnya, cat putih untuk bagian mulut dan ekor, diikuti dengan pola warna warna-warni yang berbeda pada bodinya.

 

Pilihan warna yang bagus

Ikan koi yang baik juga ditandai dengan warnanya yang bagus. Warna yang baik untuk ikan koi adalah setiap swatch warna hanya mengandung satu warna. Misalnya, jika ikan koi berwarna putih, pola pada tubuhnya harus oranye murni tanpa campuran warna lain. Jika ikan ini berwarna putih, maka pola warna yang disajikan hanya berwarna putih tanpa gradasi warna hitam atau lainnya.

 

Perhatikan bentuk tubuh ikan koi

Tidak hanya itu, sebelum membeli ikan koi, Anda harus memperhatikan bentuk tubuh ikan tersebut. Ikan koi berkualitas baik dan sempurna bila bagian tubuhnya lengkap, yang dapat dilihat pada saat berenang. Contoh sederhana: Jika sirip ikan koi cacat, maka ikan tersebut dianggap tidak sempurna, bahkan para pemancing yang menganggap ikan koi ini kualitasnya buruk.

 

Namun, jika Anda menemukan ikan koi berperut buncit, ada baiknya Anda menyingkirkan anggapan bahwa ikan ini tidak normal. Hal ini dikarenakan ikan koi betina biasanya memiliki perut yang membesar, yang menandakan bahwa ikan tersebut sedang menahan telur kawinnya.

 

Pada dasarnya bentuk tubuh ideal ikan Koi terbagi menjadi beberapa hal yang perlu diperhatikan secara detail. Bentuk tubuh yang ideal untuk ikan Koi adalah sebagai berikut:

 

Bentuk kepala yang sempurna

Bentuk kepala ikan koi yang berkualitas baik memiliki bentuk yang teratur dan normal dimana hidung dan mulutnya tidak tersembunyi dan tidak menonjol terlalu jauh ke depan. Bentuk kepala yang benar biasanya terlihat sangat ideal dengan mata, mulut, dan rahang.

 

Sirip ikan yang dibudidayakan dengan sempurna

Sirip ikan dewasa terlihat sangat bagus dan dapat menyejukkan mata. Dimana sirip utama koi berada di bagian dada. Biasanya sirip kecil ikan koi disebabkan oleh asupan makanan yang tidak mencukupi. Untuk menyimpannya di rumah, pilih sirip ikan yang ideal.

 

Garis belakangnya lurus dan melengkung

Jika Anda melihat ikan koi secara detail dari atas, Anda pasti akan melihat garis punggung ikan koi yang lurus dan melengkung saat punggungnya bergerak. Ini adalah jenis ikan koi yang sangat umum. Dilihat dari samping, garis atas dan bawah pada tubuh ikan ini membentuk lekukan yang bisa disebut natural. Namun, jika Anda menemukan ikan koi dengan lekukan yang terlalu tinggi, sebaiknya jangan memilih ikan ini untuk dipelihara.

 

Cara merawat ikan koi selanjutnya adalah dengan membangun kolam ikan koi. Jika Anda membangun kolam dari semen, hindari menempatkan koi yang baru Anda beli langsung ke dalam kolam. Tidak sia-sia, karena kolam yang terbuat dari semen segar biasanya memiliki bau yang menyengat dan tidak cocok untuk ikan koi. Untuk mengatasinya, disarankan menggunakan batang pisang untuk menghilangkan bau semen dengan cepat.