Atap Rumah Limasan Cocok Untuk Iklim Tropis

 

Atap Rumah Limasan Iklim Tropis

Pada belahan bumi sekitar khatulistiwa tentunya memiliki iklim tropis dan pada belahan bumi lainnya yang jauh dari garis khatulistiwa, akan sebaliknya memiliki iklim sedang sampai dingin alias dekat daerah kutub. Pada area yang sedang dibicarakan yaitu iklim tropis ini memiliki karakter angin yang sedikit dan radiasi sinar matahari yang kuat mengakibatkan pertukaran panas yang intens membuat kelembaban yang cukup tinggi. Ciri iklim tropis itu sendiri diantaranya :
  • memiliki curah hujan yang tinggi dan lebih lama tiap tahun
  • penguapan air laut cukup tinggi hingga terdapat awan pada lapisan atmosfer
  • pergantian suhu udara normal dan tidak ekstrim
  • tekanan udara terbilang normal dan perubahan tekanan tergolong lambat
  • amplitudo tahunan yang kecil antara 1-5" Celcius
  • biasanya banyak terdapat jenis tanaman pada hutan atau daerah lain berwarna hijau lebat
  • mendapat cahaya matahari maksimal tiap tahun
Kondisi iklim tropis yang memiliki kelembaban yang tinggi dirasa memerlukan syarat-syarat khusus dalam perancangan bangunannya, dimana terdapat beberapa faktor spesifik yang dijumpai khusus hanya pada iklim ini dan berpengaruh pada model desain rumah. Curah hujan yang diprediksi sangat tinggi memerlukan model atap yang dapat mengalirkan air dengan cepat, sekaligus mampu mencegah hawa panas yang dapat masuk apabila sudah masuk musim kemarau panjang. Penggunaan atap limasan pada bangunan yang berada di area iklim tropis dirasa sangat cocok, bentuk limasan memiliki dua sisi miring yang berupa segitiga maupun trapesium dan biasanya memiliki sudut kemiringan antara 30 sampai dengan 40 derajat. Semua bidang tersebut akan bertemu pada satu garis horizontal pada bagian puncak sehingga tercipta keseluruhan atap limasan.


Keunggulan atap model limasan pada desain rumah lengkap dengan ukurannya :
  1. Mampu menghadapi angin dari segala arah karena modelnya tertutup dari segala sisi
  2. Desain yang aerodinamis membuat struktur bangunan lebih kuat
  3. Ruangan kosong yang berada dibawahnya bisa dimanfaatkan sebagai loteng atau sebagainya
  4. Fleksibel sehingga tampak lebih dinamis

Penerapan dan pengaplikasian bentuk atap limasan pada bangunan pada daerah beriklim tropis akan dirasa sangat menguntungkan