Cara melakukan Perawatan Paku Sarang Burung

Pakis sarang burung walet atau kadaka merupakan tumbuhan epifit tropis yang menyukai kelembapan dan cahaya tidak langsung. Kadaka atau Asplenium nidus memiliki daun berwarna hijau cerah yang menyebar dari tengah seperti sarang burung. Di habitat aslinya, mereka dapat tumbuh dengan diameter hingga 5 m, beberapa meter dari permukaan tanah hingga pucuk pohon.

 

Katak adalah salah satu dari beberapa tumbuhan paku yang populer dan cantik yang ditanam sebagai tanaman hias. Pakis seperti ini dapat ditanam di jendela yang menghadap ke utara. Tanaman ini menyukai cahaya penuh tetapi tidak menyukai cahaya dan panas yang intens.

 

Ada beberapa jenis paku sarang burung walet, tetapi cara perawatannya hampir sama. Tempatkan pakis di lokasi yang menerima cahaya tidak langsung sedang hingga terang. Tanaman ini tidak cocok diletakan dibawah sinar matahari. Meskipun pakis sarang burung walet dapat mentolerir tingkat cahaya yang lebih rendah, Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu terpapar pada tingkat cahaya.

Baca Juga : ant infestation in yard

taburkan air

Sebelum menyiramnya, periksa dulu kebutuhan air tanaman kadaka. Ada baiknya untuk memeriksa kadar air tanah terlebih dahulu. Celupkan ke dalam beberapa inci media atas, jika bagian atas 1 “-2” tanah kering maka tanaman Anda perlu disiram. Beberapa inci bagian bawah harus tetap lembab, tetapi tidak basah. Jangan biarkan substrat benar-benar kering di antara penyiraman. Penyiraman seminggu sekali biasanya cukup. Selama musim kemarau dengan suhu yang lebih hangat, tanaman Anda mungkin perlu disiram dua kali seminggu. Pertimbangkan untuk mengaerasi tanah tanaman Anda sebelum penyiraman awal.

 

Putar tanaman Anda secara teratur untuk memastikan pertumbuhan yang merata ke segala arah, dan sering-seringlah membersihkan daun agar tanaman dapat berfotosintesis secara efisien. Saat membersihkan daun, gunakan juga kesempatan ini untuk memeriksa bagian bawah dan mengamati hama.

 

Ingatlah bahwa setiap tanaman adalah makhluk yang unik dan mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda, terutama di lokasinya masing-masing.

 

Pemupukan Pakis Sarang Burung

Sarang burung walet tidak terlalu pilih-pilih dalam hal pemupukan (asalkan Anda tidak memupuk berlebihan), tetapi dalam jangka panjang, jika Anda tidak memberi mereka makanan, daunnya akan kusam dan pertumbuhannya akan berhenti. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memberi pakan yang sangat lemah sebulan sekali atau lebih ketika pertumbuhannya kuat, atau dengan intensitas normal setiap 3-6 bulan.

 

suhu

Pakis sarang burung walet membutuhkan suhu yang sejuk hingga hangat. Tanaman ini adalah salah satu dari sedikit tanaman hias yang dapat bertahan di ruangan yang sangat hangat, jadi ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk ruang tamu yang panas. Pertumbuhan yang optimal membutuhkan suhu pada kisaran 10°C – 22°C.

 

sulit

Ketika akar halus memenuhi pot yang ada, saatnya untuk merepoting, dan setelah itu terjadi, saatnya untuk memindahkannya ke wadah yang sedikit lebih besar. Jika tidak, pertumbuhan akan berhenti sebelum akhirnya berhenti sama sekali.

 

Sebagai aturan praktis, tanaman Kadaka muda perlu direpoting setahun sekali sampai mencapai ukuran yang tepat, setelah itu Anda harus merepoting setiap beberapa tahun.

 

Reproduksi Pakis Sarang Burung

Pakis, termasuk Asplenium, pada waktunya akan membentuk spora yang dapat digunakan untuk mereproduksi tanaman baru. Meskipun ada banyak hal yang akan kami coba, menggunakan metode ini untuk menyebarkan pakis bukanlah salah satunya. Ini sangat sulit dan Anda memerlukan peralatan khusus untuk melakukannya dengan sukses.

 

Jadi jika kita ingin menambah koleksi kadaka, lebih baik mengeluarkan sedikit uang (karena biasanya tanaman ini murah) dan membeli yang baru.

 

Sumber www.marylandlawnandgarden.com