Tips Mendirikan Bisnis Cucian Mobil

Bisnis cucian mobil sering dianggap sepele karena mendatangkan keuntungan yang tidak banyak. Namun, usaha ini cukup menjanjikan karena banyak dibutuhkan oleh pemilik mobil yang malas mencucinya. Mendirikan bisnis ini tentu sangat mudah jika menerapkan tips mendirikan usaha cucian mobil.

Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, bisnis cuci mobil ini tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Selain itu, peluang usaha ini juga cukup menjanjikan mengingat jumlah kendaraan, terutama mobil yang semakin bertambah. Namun, agar bisnis cuci mobil berkembang dengan baik, ada baiknya pengusaha menerapkan tips-tips berikut:

1. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi menjadi poin utama yang harus diperhatikan oleh pebisnis yang akan mendirikan cucian mobil. Tentu saja pebisnis akan kesulitan dalam mencari pelanggan jika tempat usahanya berada di dalam kampung dan tidak banyak kendaraan yang melewatinya. Pilihlah lokasi yang sering dilalui kendaraan dan belum banyak usaha sejenis yang didirikan di sekitarnya.

Bisnis ini akan berkembang dengan pesat jika didirikan pada perkotaan besar karena banyak orang berduit yang sibuk sehingga tidak sempat untuk mencuci mobil. Fenomena tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan yang banyak sehingga tak perlu susah payah lagi dalam mencari pelanggan. Berilah pelayanan yang memuaskan agar pelanggan tetap datang kembali

2. Sesuaikan Tarif Dengan Harga Standar

Masalah tarif cuci mobil juga tidak boleh luput dari pandangan. Pelanggan pasti akan mencari tempat cuci mobil yang menyediakan harga murah dan pelayanan maksimal. Supaya bisnis baru ini tetap diserbu pelanggan, maka jangan sungkan untuk memberikan harga yang wajar. Usahakan jika harga tersebut tidak jauh berbeda dengan tempat cuci mobil yang ada disekitarnya.

Pebisnis bisa melakukan survey terlebih dahulu ke tempat pencucian mobil yang lokasinya tidak jauh dari tempat mendirikan usaha. Apabila tidak memungkinkan untuk survey langsung, maka bisa mencari tahunya melalui internet agar lebih mudah. Tanyakan pula pada orang yang pernah melakukan cuci mobil di tempat tersebut. Berhati-hatilah dalam menentukan harga agar sepi pelanggannya.

Info Lainnya : Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya

3. Beri Pelatihan

Mencuci sebuah mobil tentu memiliki teknik tertentu yang harus dikuasai oleh para karyawan. Setelah melakukan seleksi pegawai, alangkah lebih baik untuk memberikan pelatihan terkait dengan pencucian mobil yang sesuai standar. Tak hanya itu saja, karyawan juga harus diberikan pelatihan cara melayani pelanggan agar tidak merasa kapok.

Tips mendirikan bisnis cucian mobil ini terbilang penting karena berhubungan langsung dengan pelanggan sehingga tidak boleh disepelekan begitu saja. Carilah instruktur yang berkompeten dalam bidang ini untuk memberikan pelatihan kepada para karyawan. Ajak pula untuk melakukan praktek secara langsung agar nanti dapat dikoreksi jika terdapat kesalahan dalam mencuci mobil.

4. Pilih Shampo Terbaik

Shampo yang digunakan untuk mencuci mobil tidak boleh sembarangan dalam memilih karena akan merusak komponen dari mobilnya. Biasanya harga yang murah patut dicurigai karena seringnya tidak sesuai dengan standar yang ditentukan. Cobalah mencari shampo dengan kualitas baik dan harganya tidak terlalu mahal agar tidak merugikan kedua belah pihak.

5. Lakukan Evaluasi Pegawai

Evaluasi memang perlu dilakukan sebagai upaya untuk melakukan perbaikan di hari selanjutnya. Pemilik usaha bisa melakukan evaluasi ini setiap periode yang telah ditentukan oleh pebisnis, 1 bulan sekali saja sudah cukup. Poin yang paling penting adalah harus ada tindak lanjut setelah melakukan evaluasi karena percuma dilakukan evaluasi jika tidak ada perbaikannya.

Itulah tips mendirikan bisnis cucian mobil yang bisa diterapkan oleh calon pebisnis. Siapkanlah budget yang cukup untuk dapat mendirikan usaha tersebut. Apabila budgetnya berlebih, maka bisa dialokasikan untuk membuat resto kecil-kecilan di samping tempat pencucian mobil. Pelanggan yang sedang menunggu mobil dicuci pun bisa dibersamai dengan makan atau ngemil menu yang sudah disediakan.

Temukan artikel lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com